Viral ! Benarkah Penemuan Ikan Oarfish Jadi Pertanda Akan Terjadi Tsunami Dan Gempa ?

Sebuah video penampakan ikan Oarfish yang tertangkap Nelayan kepulauan Selayar membuat heboh publik.


Ikan yang membuat masyarakat heboh tersebut berbentuk pipih dengan panjang lebih dari 3 meter jadi sorotan. Motif sisiknya, terlihat indah.

Penampakan ikan ini diunggah oleh akun @makassar_iinfo, Senin, (9/12/2019)

Tiga orang nelayan yang tengah berada di sebuah kapal memegangi ikan tersebut dengan decak heran. Lewat laman facebook Irma Yanti Irma, rupanya ikan tersebut tersangkut di kail pancing Andi Saputra. Namun warga bergidik dengan kehadiran ikan tersebut, lantaran ikan tersebut dikait-kaitkan dengan terjadinya gempa. Beberapa orang bahkan berkomentar di laman facebook Irma Yani Irma dengan mengunggah beberapa foto. Foto tersebut berkaitan dengan mitos akan adanya gempa setelah kemunculan ikan tersebut.

Lewat laman facebook Irma Yanti Irma, rupanya ikan tersebut tersangkut di kail pancing Andi Saputra. Namun warga bergidik dengan kehadiran ikan tersebut, lantaran ikan tersebut dikait-kaitkan dengan terjadinya gempa. Beberapa orang bahkan berkomentar di laman facebook Irma Yani Irma dengan mengunggah beberapa foto. Foto tersebut berkaitan dengan mitos akan adanya gempa setelah kemunculan ikan tersebut.

Dilansir dari Tribuntravel, Ikan Oarfish adalah jenis ikan yang bisa tumbuh hingga memiliki ukuran sepanjang lima meter, bahkan spesiesnya oarfish raksasa bisa memiliki panjang hingga 11 meter.

Ikan ini menghabiskan sebagian besarnya di laut dalam setidaknya di kedalaman satu kilometer dan amat jarang berenang hingga ke permukaan. Sehingga, ikan ini amat jarang terlihat meski faktanya mereka bisa ditemukan baik di laut dingin maupun tropis.

Sejumlah peneliti mengatakan, oarfish berenang ke permukaan karena adanya perubahan elektromagnetik yang timbul di saat adanya aktivitas tektonis.

Namun, lebih banyak ilmuwan yang mengatakan tak ada hubungan antara perilaku ikan ini dan ancaman gempa. Mereka menambahkan, ikan ini juga kerap terlihat di permukaan dan sesudahnya tidak ada gempa atau bencana alam lainnya.

Sebuah Legenda Kuno

Kepercayaan yang mengaitkan ikan ini dengan bencana alam adalah mitos Namazu di Jepang yaitu seekor ikan lele raksasa yang hidup di bawah kepulauan itu.

Menurut legenda tersebut, gempa yang terjadi di Jepang diakibatkan sang ikan raksasa mengibaskan ekornya. Kemunculan oarfish sebelum bencana gempa dan tsunami Fukushima pada 2011 semakin menguatkan legenda itu. Pada 2010, belasan ikan ini juga ditemukan nelayan tak lama sebelum gempa berkekuatan 8,8 magnitudo menghantam Chile.

Di masa lalu, ikan yang dalam bahasa Jepang disebut ryugu atau tsukai yang artinya pembawa pesan dari istana raja naga. Pesan ini dianggap sebagai pertanda datangnya bencana. Berdasarkan pengetahuan umum, ikan ini berenang ke permukaan dan menuju ke pantai menjelang terjadinya gempa bumi.

Hal itu sejalan dengan teori ilmiah bahwa ikan-ikan yang hidup di laut dalam kemungkinan bisa merasakan pertanda gempa bumi dan bersikap tak wajar sebelum gempa terjadi. Allahu A'lam

0 Response to "Viral ! Benarkah Penemuan Ikan Oarfish Jadi Pertanda Akan Terjadi Tsunami Dan Gempa ?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel