HIMBAUAN PENTING DARI KEMDIKBUD UNTUK PAUD


Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat masih ada penyelenggara pendidikan anak usia dini (PAUD) yang mengharuskan anak didiknya bisa membaca dan menulis. Yang lebih ironis, ada PAUD yang cenderung memaksa anak didiknya agar bisa menulis dan membaca.

Menurut Direktur Pembinaan pada Direktorat Jenderal PAUD, Ella Yulaelawati, saat ini masih banyak tenaga pendidik PAUD yang  kerap memaksa anak usia dini agar bisa membaca. "Kondisi PAUD saat ini masih kerap memaksa anak untuk pintar membaca dan itu kurang produktif," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (18/11).

Ella menambahkan, anak usia dini tidak seharusnya diajar membaca. Sebab, idealnya pendidikan di PAUD  hanya dikenalkan pada huruf dan angka tanpa harus dipaksa membaca dan berhitung.

Lebih lanjut Ella mengatakan, banyaknya PAUD yang mengajarkan membaca kepada anak usia dini justru karena tuntutan dari para orang tua. Padahal, membaca dan menulis mestinya dimulai pada jenjang sekolah dasar.

"Seharusnya para guru menyampaikan kepada orangtua bahwa anak usia PAUD tidak seharusnya dibebankan membaca dan berhitung. Membaca dan berhitung idealnya dimulai pada jenjang SD," tandasnya.

0 Response to "HIMBAUAN PENTING DARI KEMDIKBUD UNTUK PAUD"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel